Tuesday, June 20, 2006 

...ondel-ondel...

Lusa, tepatnya tanggal 22 Juni 2006, DKI Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke-479. Segala macam atribut dan lampu-lampu kota sudah mulai dipersiapkan sejak awal bulan ini. Kemeriahan-kemeriahan dijanjikan disana-sini. Toko-toko kelontong sampai Department Store berlomba untuk memasang label "SALE" pada produk-produk yang dijualnya. Dan yang paling khas dari perayaan ulang tahun Jakarta adalah diadakannya Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair...

Yup.
PRJ rasanya selalu rutin dilaksanakan setiap Jakarta ulang tahun. Gak tau ya apakah PRJ juga buka dihari-hari biasa selain dibulan saat ibukota berulangtahun... Yang saya inget siy, saya selalu menyempatkan diri datang ke PRJ setiap bulan Juni-Juli.

Waktu dulu kami -saya dan adik- masih kecil-kecil, bapak dan ibu selalu antusias mengajak kita ke PRJ untuk melihat boneka besar yang menjadi ciri khas kota Jakarta.. "Ondel Ondel"
Saya gak ingat dengan jelas apa yang membuat pertunjukkan ondel-ondel jaman dahulu bisa membuat saya ketagihan dan malah mentertawakan anak-anak lain sebaya saya yang justru menangis atau menjerit ketakutan karena ondel-ondel... heuehuehe...

Yang saya inget, si ondel-ondel yang berbadan besar itu bisa membuat saya merasa gemas.
Dengan ukuran badannya yang besar, wajah si pria yang berwarna merah dan si wanita yang berwarna putih, mengenakan pakaian pengantin adat betawi lengkap dengan sarung kotak-kotak yang berukuran Super Size, dan goyangannya yang hanya ke kanan dan ke kiri, ondel-ondel menjadi salah satu ciri khas di kebudayaan Betawi.

Memang siy, sangat wajar kalau anak-anak sebaya saya jaman dulu menangis ketakutan kalau ada ondel-ondel yang mendekat... lha wong muka si ondel-ondel sangar gituh... *hihihi*
Karena memang pada awalnya si ondel-ondel dibuat sebagai alat penolak bala atau pengusir gangguan roh jahat.

Lha kok saya malah bisa sangat 'fun' menikmati tarian ondel-ondel itu?
Sebenernya saya sangat suka dengan musik pengiring yang ada dibelakang ondel-ondel itu... Kalau gak salah namanya Tanjidor...
*buat yang mengerti kebudayaan betawi, klo salah tolong diralat yaa..*

Riuh gemuruh suara gendang dan terompetnya selalu berhasil merangsang syaraf-syaraf didalam tubuh saya untuk bergoyang...
Kalau suasana sedang ramai, paling saya hanya mengikuti jogedan si ondel-ondel...
goyang ke kanan... goyang ke kiri...
Tapi kalau suasana sedang sepi -atau PD saya lagi erupsi-, beuuuhhh... ondel-ondel pun akhirnya berhenti berjoged dan malah nontonin saya yang keasikan... *hahahaha*

nyok, kite nonton ondel-ondel...
nyokk...
nyok, kite ngarak ondel-ondel...
nyokk...
ondel-ondel ade anaknye...
wooyyy...
anaknya ngigel terkiteran...
wooyyy...

uTHe is just simply gorgeous 3:41 PM
|


- uTHe -



= uTHe =
= 28.02.82 =
= Jakarta, Indonesia =

:: The PisceStorieS ::

My Friendster

ChitChat with uTHe

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61

:: quote of the day ::

Free website tools provided by The Free Dictionary

:: latest ::

...The Best POEM in 2005...
...thanks to...
Haloscan commenting and trackback have been added ...
...inside my Cell Phone...
...what a SURPRISE...
...not GOOD...
...hhhHELPppp...
...SLEEPholic...
...harpitnas...
rindu tiada tara...

:: archives ::

July 2004
July 2005
August 2005
September 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
November 2006
September 2007

:: girls ::

Linda

:: boys ::

Andriansyah BlogPage

:: Z a w a B l o g ::

:: links ::

80-an
bloGombal
KamarCewek
Alumni SD Budi Luhur

Blogfam Online Magazine

BlogFam Community

:: say it ::

Smilies List

by wdcreezz.com

Name

Email/URL

Message

:: shalat ::

:: weather ::

The WeatherPixie

:: blogthru' ::


:: miscellaneous ::

Google

:: thanks to ::

Blog Layout By: Frina

Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

JANGAN ASAL COPY PASTE..